April 09, 2013

Cara Meningkatkan Alexa Rank



Cara Meningkatkan Alexa Rank. Alexa Rank adalah suatu peringkat yang didasarkan kepada banyaknya kunjungan terhadap suatu web atau blog, maka tentu saja semakin banyak pengunjung web atau blog anda, Alexa Rank akan semakin baik. Adapun menurut situs Alexa.com, alexa rank dihitung berbasis aggregat trafik 3 bulanan dari jutaan pengguna Alexa Toolbar dan merupakan sebuah ukuran kombinasi dari page views dan pengunjung. Pada tahap pertama, Alexa menghitung jumlah pengunjung dan jumlah page views untuk semua situs dan blog secara harian. Dari definisi tersebut, maka yang berperan penting dalam alexa rank adalah Alexa Toolbar, jumlah pengunjung, dan jumlah page views yang dihitung berdasarkan jumlah orang yang mengunjungi situs/blog bersangkutan dengan alexa toolbar terinstal di browser yang digunakannya.


Cara Meningkatkan Alexa Rank (berdasarkan inisiatif sendiri)  :

1. Tingkatkan jumlah trafik atau kunjungan harian (Daily Traffic) ke blog, karena bisa dibilang sebenarnya inti dari meningkatkan Alexa Rank adalah meningkatkan jumlah trafik atau kunjungan ke web atau blog, ini sesuai dengan data yang ada di site info blog kita yang ada di Website Alexa. Menurut saya penilaian yang paling utama adalah trafik.



2. Tingkatkan Daily Reach atau kunjungan secara global, maksudnya trafik atau jumlah pengunjung akan lebih baik di mata Alexa jika berasal dari IP pengunjung yang berasal dari berbagai macam negara. Caranya anda harus sering mengunjungi dan berkomentar di blog luar negeri atau aktif di forum atau komunitas International, sebagai contoh bisa memanfaatkan blogcatalog, mybloglog, StumbleUpon, digg dll.

3. Tingkatkan Daily Pageview, Bounce dan Time on Site, Caranya yaitu dengan menambahkan link postingan yang saling berkaitan baik di dalam konten atau postingan maupun di bawah postingan atau biasa disebut Related Post atau Posting Terkait. Dengan cara ini akan lebih memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk lebih mengekplorasi seluruh isi blog dan menemukan lebih banyak informasi. Cara ini efektif untuk meningkatkan Page View. Link internally ke potingan dalam blog juga akan membantu meningkatkan ranking blog anda dan juga akan membantu meningkatkan trafik, sebab jika orang yang datang ke blog anda tidak ada pilihan lagi untuk dilihat maka mereka akan pergi. Ketika anda membuat link ke postingan yang lain pengunjung akan menemukan banyak pilihan untuk membuka postingan yang lain sehingga mereka akan lebih lama berada di blog anda (meningkatkan Time on Site). Cara lain untuk meningkatkan Time on Site yaitu dengan cara setting link komentator ketika diklik akan terbuka di tab atau halaman baru supaya blog anda masih tetap terbuka (menambah Time On Site).


4. Tingkatkan jumlah trafik atau kunjungan yang berasal dari Search Engine (The percentage of visits to blog that came from a search engine). Meningkatkan jumlah kunjungan dari search engine juga bisa dilakukan oleh pemilik blog yaitu dengan mengetikkan keyword atau postingan yang populer di blog sendiri terutama postingan yang mempunyai SERP yang tinggi syuku-syukur yang ada di halaman satu hasil SERP search engine (High Impact Search Queries). Gunakan IP yang berbeda per harinya bisa menggunakan browser dekstop, opera mini, browser bawaan ponsel, Firefox Mobile, Bolt For Mobile dll. Jangan gunakan tools-tools seperti alexa booster, traffic generator dan sebagainya.  Seumpama Alexa tinggi pun percuma, kalo dibuat untuk blog PPC jelas-jelas tidak mungkin ada klik  karena pengunjung anda hanyalah robot-robot yang datang dari mesin-mesin generator traffic.

5. Pasang Alexa Toolbar di browser internet yang kita pakai dan pasang juga Alexa Widget di blog.  Dengan memasang Alexa Toolbar dan Alexa Widget akan memberikan data trafik yang lebih akurat.

6. Setting Web atau Blog anda menjadi Home Page di browser internet yang biasa anda gunakan.

7. Buatlah tulisan atau postingan mengenai Alexa, dengan membuat tulisan tentang Alexa, maka para pengunjung setia blog anda akan tertarik menggunakan tool Alexa, ini tentunya menguntungkan karena data yang masuk ke Alexa juga akan semakin lancar.

8. Rajin update Blog atau membuat postingan baru dan usahakan untuk konsisten. Pengunjung dan search engine akan lebih senang mengunjungi blog yang selalu up to date serta konsisten atau kontinu. Kalau tidak bisa posting tiap hari ya 2 hari sekali atau seminggu sekali tapi konsisten, akan lebih baik dari pada posting tiap hari selama satu minggu tapi setelah itu blog dibiarkan tanpa update. Jika blog jarang diupdate biasanya trafik pengunjung cenderung akan turun terutama untuk blog baru yang jumlah trafiknya belum cukup stabil.

9. Minta teman untuk mereview dan merating profil blog Anda di Alexa. Cara ini ternyata cukup signifikan untuk merampingkan Alexa Rank. Caranya klik aja banner di bawah ini, setelah ada di halaman review silahkan Login terlebih dahulu dengan menggunakan akun Alexa atau bisa juga menggunakan akun Facebook. Setelah anda mereview blog saya, maka saya akan mereview juga blog anda.

Mudah-mudahan tulisan tentang Cara Meningkatkan Alexa Rank ini bisa bermanfaat untuk anda, dan jangan lupa tetap mempromosikan Blog Anda dengan jalur lainnya. Terima Kasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Menarik Lainnnya